Translate

Kamis, 14 Maret 2013

Resep Membuat Kue Wajik

Siapa tak kenal Kue Wajik yang satu ini, Kue dari beras ketan yang merupakan salah satu makanan ringan tradisional yang telah lama dikenal di Indonesia terutama di jawa dan bali. Rasanya manis, legit dan bisa bikin kenyang.

     Kue wajik mudah ditemukan saat ada acara hajatan dan juga saat lebaran di daerah daerah pedesaan sebagai jamuan tamu. Di hari biasa Kue Wajik ketan paling mudah ditemukan di Jawa Tengan terutama di Kota Magelang sebagai oleh oleh khas kota tersebut Meskipun didaerah lain di indonesia juga ditemukan aneka jenis wajik lain untuk oleh oleh seperti wajik bandung, wajik kelapa, wajik kletik bahkan ada pula wajik jagung.
 
     Wajik ketan memiliki beberapa varian rasa diantaranya wajik ketan gula merah yang memiliki rasa paling legit kemudian kue wajik gula pasir dan juga kue wajik pandan yang tidak menggunakan gula merah. Untuk membuat wajik ketan tidak terlalu sulit tapi membutuhkan tenaga dan kesabaran terutama pada saat mengaduk adonan wajik. Cara membuat kue wajik ketan masih menggunakan cara dan bahan yang sederhana sehingga rasanya tetap terjaga. Berikut resep membuat kue wajik ketan.

Bahan Resep membuat kue Wajik :

    beras ketan putih 500 gram (rendam 3 jam, tiriskan)
    kelapa 1 butir ( buat santan 500 ml )
    gula merah / Gula jawa 200 gram
    gula pasir 2 sendok makan
    daun pandan 3 lembar , sobek-sobek, buat simpul

Cara Membuat Kue Wajik :

  • Kukus ketan selama setengah masak siram dengan air panas, angkat, dinginkan. Kemudia Kukus lagi sampai Matang.
  • Panaskan santan, gula jawa dan gula pasir serta daun pandan hingga mendidih dan kental berminyak kemudian kecilkan apinya.
  • Sambil diaduk Masukkan ketan lalu masak sampai matang dan santan terserap semuanya. Ketan harus terus diaduk sampai rata rekat dan kering agar ketan tidak hancur dan gosong.
  • Tuangkan wajik ketan diatas tampah yang dilapisi daun pisang kemudian ratakan dan dinginkan. Terakhir potong sesuai selera, sajikan diatas piring, wajik ketan siap dinikmati.
      Memang Sungguh istimewa kue wajik ketan ini, rasanya yang khas membuat kue wajik masih tetap exis sampai sekarang. Meskipun berbagai jenis jajanan dan makanan modern mulai banyak bermunculan. Semoga Resep Kue wajik ini bisa menjadikan kue wajik tetap lestari. Jangan Lupa untuk mencoba dirumah dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Random Posts

Blogger Templates