Translate

Rabu, 05 September 2012

Makan Enak Tetap Sehat

Kali ini Katalog Kuliner ingin berbagi tips kepada para sahabat bagaimana bisa makan enak dan tetap sehat.
Sate
pecinta kuliner - sate
Bagi Pecinta Kuliner sate jangan lupa untuk makan timun setelahnya. Karena ketika kita makan sate sebetulnya ikut juga karbon dari hasil pembakaran arang yang dapat menyebabkan kanker. Untuk itu kita punya obatnya yaitu timun yang disarankan untuk dimakan setelah makan sate. Karena sate mempunyai zat Karsinogen (penyebab kanker) tetapi timun ternyata punya anti Karsinogen. Jadi jangan lupa makan timun setelah makan sate.
Mie Instan
 
Untuk para penggemar mi instan, pastikan kamu punya selang waktu paling tidak 3 (tiga) hari setelah kamu mengkonsumsi mi instan, jika kamu akan mengkonsumsinya lagi, dari informasi kedokteran, ternyata terdapat lilin yang melapisi mi instan. Itu sebabnya mengapa mi instan tidak lengket satu sama lainnya ketika dimasak. Konsumsi mie instan setiap hari akan meningkatkan kemungkinan seseorang terjangkiti kanker. Seseorang, karena begitu sibuknya dalam berkarir tidak punya waktu lagi untuk memasak, sehingga diputuskannya untuk mengkonsumsi mi instan setiap hari . Akhirnya dia menderita kanker.
Dokternya mengatakan bahwa hal ini disebabkan karena adanya lilin dalam mi instan tersebut. Dokter tersebut mengatakan bahwa tubuh kita memerlukan waktu lebih dari 2 (dua) hari untuk membersihkan lilin tersebut.
Udang Vs Vitamin C
Jangan makan udang setelah kamu makan Vitamin C. Karena ini akan menyebabkan keracunan dari racun Arsenik (As) yang merupakan proses reaksi dari Udang dan Vitamin C di dalam tubuh dan berakibat keracunan yang fatal dalam hitungan jam.
Vitamin C memang diperlukan oleh tubuh. Menurut Food and Nutrition Board dan National Academy of Sciences-National Research Council, dosis vitamin C untuk anak usia 5 tahun sebesar 45 mg per hari. Sedangkan untuk dewasa sekitar 75-150 mg per hari.
Namun pendapat lain mengatakan tubuh masih menoleransi dosis vitamin C hingga 500 gram. Ada juga pendapat mengatakan kemampuan tubuh menyimpan vitamin C bisa mencapai maksimal 2.000 mg/hari, di atas itu sudah tidak diserap tubuh.
Dosis yang berlebihan hanya akan sia-sia masuk ke tubuh dan akan dibuang melalui urine bahkan bisa mengganggu fungsi tubuh.
Terlalu banyak mengonsumsi Vitamin C akan memiliki efek samping seperti sakit kepala, mual, muntah, perut sakit, kelelahan, mengantuk, gangguan pencernaan, kram usus, diare, insomnia, batu ginjal, iritasi di kerongkongan, hingga pengeroposan gigi.
Orang yang punya penyakit kelebihan zat besi atau hemochromatosis juga harus menghindari kelebihan konsumsi vitamin C karena dapat menyebabkan keracunan zat besi.
Sedangkan pada ibu hamil, kelebihan vitamin C selama bulan pertama bisa menekan produksi progesteron yang memicu keguguran.
Makan buah segar dan minum air yang banyak bisa menghilangkan kelebihan vitamin C dari tubuh dan menghindari semua efek samping kelebihan vitamin C.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Random Posts

Blogger Templates